Informasi

Pernahkah Anda Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Cara Ini? Berarti Anda Tertipu......

Apakah anda termasuk orang yang melakukan perawatan telinga dengan memakai ear candle? Bila belum pernah, jadi beruntunglah kalian. Lantaran hasil riset membuktikan bahwa penggunaan ear candle tak memiliki manfaat sama sekali jadi malah membahayakan diri anda. Mari simak faktanya berikut ini, seperti diambil dari situs doktercantik. com.


Klaim Kelebihan Perawatan Ear Candle

Perawatan ear candle adalah perawatan pada telinga yang “katanya” mempunyai tujuan untuk keluarkan kotoran yang ada didalam telinga.

Seperti yang kita ketahui, telinga adalah satu diantara sisi badan yang paling susah dibikin bersih. Kita umumnya memakai penyeka kapas (cotton bud) untuk bersihkan telinga.

Tetapi pemakaian cotton bud kadang-kadang jadi bikin kotoran telinga makin masuk serta terdorong kedalam.

Perawatan ear candle dikenalkan sebagai perawatan untuk bersihkan kotoran yang ada didalam telinga.

Terkecuali untuk keluarkan kotoran, perawatan ini dapat diklaim memiliki sebagian faedah lainnya seperti kurangi sinus, menangani permasalahan pendengaran hingga menyingkirkan stress.

Seperti namanya, bahan basic perawatan ini yaitu lilin. Untuk lakukan perawatan ear candle ini, kita mesti mengerjakannya dengan posisi tidur menyamping supaya lilin dapat dimasukkan kedalam telinga.

Untuk menghindar lelehan lilin tentang kulit, dibutuhkan satu piring yang telah dilubangi untuk masuknya lilin. Sesudah diposisikan sedemikian rupa lilin itu dinyalakan.

Menurut beberapa praktisi ear candle itu, langkah kerja ear candle yaitu seperti berikut :

Api yang datang dari dalam ear candle bakal menyebabkan panas yang bakal menyebabkan desakan didalam daun telinga.

Makin lama, desakan didalam telinga makin besar serta bikin kotoran didalam telinga jadi lunak.
Disamping itu, asap yang muncul dari batang ear candle bakal ikut masuk kedalam telinga sampai penuhi ruangan telinga.

Pada keadaan itu, asap yang sudah penuhi ruangan telinga mencari jalan keluar. Lantaran desakan yang besar serta kehadiran aliran hawa didalam telinga, asap itu pada akhirnya keluar lagi lewat lubang batang ear candle.

Saat asap hasil bakaran ear candle keluar melalui lubang batangnya, kotoran yang melekat di gendang telinga serta telah lunak turut terangkat serta keluar berbarengan asapnya.

Kenyataannya

Tersebut sebagian kenyataan berikut ini bakal bikin Anda memikirkan 2 x untuk lakukan perawatan ear candle.

1. Tak ada kotoran (earwax) yang sukses dikeluarkan

Tuturnya perawatan ini mempunyai tujuan untuk keluarkan kotoran pada telinga. Ketika perawatan sudah usai sang terapist dengan bangganya tunjukkan ear candle pada kita serta tunjukkan “kotoran” yang sukses diangkat serta kita umumnya yakin serta berasumsi langkah tersebut betul-betul efisien.

Tahukah anda, kita tertipu. Yang disebut kotoran (earwax) itu sesungguhnya yaitu bekas pembakaran lilin bukannya kotoran pada telinga kita. Terperanjat kan? Bila kotoran tak keluar, lantas maksud perawatan ini sesungguhnya apa?

2. Ear Candle cuma mitos

Prof. Dr. Zainul. A. Djaafar, seseorang pakar THT serta pakar bedah menyampaikan “ear candle cuma mitos, tak ada hubungannya dengan kebersihan serta kesehatan telinga”.

Mengingat poin pertama di atas yang menerangkan kalau tak ada kotoran yang keluar lantaran perawatan itu, jadi tidaklah terlalu berlebih bila ear candle dikira satu mitos lantaran tak ada faedahnya sekalipun. Terlebih ear candle mungkin saja bahaya untuk kita.

3. Ear candle makin mendorong kotoran ke dalam

Apa anda masihlah berpikir ear candle berguna waktu nyatanya bukannya membawa kotoran keluar telinga, ear candle malah bikin kotoran didalam telinga kita terdorong ke liang telinga yang lebih dalam.

Kotoran itu bahkan juga menumpuk serta jadi kering. Hal semacam ini pastinya bakal bikin pendengaran kita terganggu.

4. Ear candle dilarang di Kanada

Apa sangkanya yang bikin satu perawatan dilarang bila bukanlah bahaya yang ada di dalamnya. Ya di Kanada perawatan ear candle ini telah dilarang dengan cara tegas oleh pemerintah lantaran bahaya yang dapat ditimbulkannya.

Perawatan ear candle ini terkecuali tak ada faedahnya dalam kesehatan juga memiliki resiko pada permasalahan kulit lain seperti luka bakar yang dapat diakibatkan oleh lelehan lilin atau iritasi serta penyumbatan pada telinga.

Sesungguhnya kotoran telinga Anda dapat keluar dengan sendirinya karena dorongan mekanisme otot pipi waktu Anda kunyah makanan. Kotoran itu bakal keluar sendiri di daun telinga berbarengan debu.

Jadi, Anda tidak butuh mengambil resiko dengan mengorek-ngorek telinga hingga ke sisi tengah serta dalam, cukup bersihkan daun telinga serta telinga sisi luar saja.

Bila Anda mengoreknya, kotoran itu bakal makin terdorong kedalam cekungan telinga. Mengakibatkan kotoran tidak dapat keluar sendiri serta mengendap didalam liang telinga.

Kotoran ini bakal mengeras serta membatu serta menyumbat telinga. Perihal ini pula yang sering jadi satu diantara penyebabnya menyusutnya kwalitas pendengaran seorang.
loading...

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.